Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto Saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Rabu, 19 Maret 2014

Badai Pasti Berlalu

Ini cerita nostalgia... cerita masa sulit ... ketika hidup terasa begitu pahit ...hueekkk... *muntah dulu ahhh...
Jadi inget cerita ini setelah cerita ngalor-ngidul bareng temen-temen. Cerita tentang seorang teman yang saat ini tampak begitu sulit, harus bekerja sambil kuliah ...di usia yang tak lagi muda ... Tapi, buatku, ini bukan soal usia, ini soal perjuangan ... sama kayak waktu aku kuliah dulu ...

Aku pernah ada di masa yang benar-benar sulit. Waktu itu semester tiga, baru semester tiga kawan !!!!... umur baru 18 tahun, masih bau kencur dan cuka... seingatku, waktu itu keluargaku ada di masa yang sulit, dua ade masih sekolah dan perekonomian lagi payahhhh... aku sampai di bagian "harus nyari duit sendiri atau cuti kuliah dulu"... Bukan uang kuliah yang kupikirkan, karena aku mendapat beasiswa di kampus itu. Aku pusing dengan biaya hidup ... huffttt...

Seorang kakak kelas meningatkanku bahwa sekali kita pilih cuti, langkah kita udah tertahan banyak, susah untuk mengejar ketinggalan. Akhirnya, aku pun memilih daftar ulang dan melanjutkan semester 3 ... tanpa pegang uang sama sekali dan sadar kalau ortu ngga akan kirim uang ... nekad !!!!

Selasa, 11 Februari 2014

Saatnya NgomPol or NulPol

Dapet ide nulis tentang beginian waktu bales-balesan komen sama seorang teman. Sebenernya sering ngobrol tentang beginian sih, tapi hari kemaren… entah kenapa pengen aja nulis tentang semua yang ada di kepala. Setelah biasanya ngobrol sepotong-sepotong dengan berbagai makhluk, nah kali ini pengen ngomongin semuanya *maruk…

Sebelum baca ke kalimat-kalimat OPINI, pastiin dulu kalo elo tau FAKTA tentang gue …
·         Gue bukan ahli politik. Gue kuliah bidang eksakta, yang kata orang, selalu ngomongin angka. Kami dibentuk untuk mengambil kesimpulan berdasarkan data, bukan perasaan. Suatu kali ada pelatihan yang terdiri dari 4 modul, nah satu-satunya modul dimana gue GAGAL TOTAL adalah modul POLITIK, sampe-sampe fasilitator gue geleng-geleng lihat gue…wkwkw…
·         Gue ngga pernah baca buku-buku berbau politik njelimet. Kayaknya, diantara ratusan buku yang ada di perpustakaan mungil gue, buku yang berbau politik cuma yang berjudul “KPK VS Polri”, itu pun blom gue baca sampe sekarang !!!
·         Gue ngga terlibat di partai mana pun… satu-satunya keterlibatan gue di parpol, ya pas pemilu…Jadi, jangan mikir kalo gue lagi melakukan kampanye hitam atau kampanye putih di blog kesayangan gue ini.. Blog gue ini terlalu keren, kalo dijadiin tempat kampanye buahahha…

Beginilah PENDAPAT gue tentang pemilu, karena kan udah mau pemilu…
·         Ikut PEMILU itu wajib bagi semua WNI yang udah punya KTP.. dulunya gue pikir ikut PEMILU itu hak, ehhhh… taunya wajib. Saking wajibnya, sampe ada yang bilang Golput itu Haram… oiya, sekedar info, gue penganut Katolik, di agama gue ngga ada istilah haram, adanya najis..lho?!... *kayaknya mirip sih wkwkwk…
·         Siapa yang mau elo pilih di pemilihan calon legislatif nanti, itu 100% HAK elo, ngga ada campur tangan siapa pun. Bakalan ada tangan yang campur-campur, kalo elo ngga dateng ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kertas elo itu dicontreng sama siapa pun yang ada disana, sesukanya dia.

Senin, 10 Februari 2014

Curhat Ulangan

Ini obrolan saya dengan seorang murid saya di sebuah meja piket pada saat saya menjadi guru piket di hari yang memang perlu guru piket...
Murid : Bu, saya nih pusing Bu... ulangan melulu..
BuSar : Oya, masa sih?
Murid : Hafalannya banyak banget, saya hampir putus asa nih...
BuSar : Oya, segitunya ?
Murid : Iya Bu. Ibu ngga ngerasain sih..
BuSar : Lho... saya kan sekolah dulu baru bisa jadi guru.. saya pernah ngerasain donk..
Murid : Ibu dulu pusing ngga?
BuSar : Iya donk...
Murid : Terus ibu ngapain ?
BuSar : Tidur...

Rabu, 05 Februari 2014

Bencana atau Rencana ?

Baru baca-baca berita tentang banjir di Jakarta dan erupsi gunung Sinabung di Karo. Ada yang nulis kalo banjir di Jakarta itu bukan bencana, karena sudah rutin dan penyebabnya sebagian besar karena manusia. Mulai dari bangun tempat tinggal di tempat yang salah, sampai ke kebiasaan buang sampah di tempat yang juga salah... Hmmm,,, agak setuju.

T'rus gimana dengan yang di Karo ? menurut saya itu murni bencana. Sesuatu yang terjadi diluar kendali manusia. Ngga ada manusia yang merencanakan :)...
Baca berita tentang para pengungsi. Katanya, tiap pengungsi mendapat jatah hidup, 50.000 tiap kepala keluarga. Kayaknya lumayan ya hehehe.... padahal ngga. Saya yakin juga begitu, sama sekali NGGA lumayan !!!!

Selasa, 28 Januari 2014

Mungkin Logika Saya Yang Salah

Pernah merasa logika kita berbeda dengan logika orang lain ? Kalau saya bukan pernah lagi, tapi sering... makanya saya pikir, tampaknya logika saya yang salah...tapi karena menurut logika saya itu benar, maka saya gak mau mengubahnya hahaha...

Salah satunya ketika saya ngobrol dengan beberapa hari lalu..
Sarma : Saya ngga suka diatur sama orang..kalo ngikutin peraturan yang berlaku iya. Tapi kalo ada orang ngatur saya, saya ngga suka..
Teman : Lah... ngga bisa gitu...ya harus mau diatur... masa maunya ngatur doank ????
Sarma : Saya ngga suka ngatur orang lain..
Teman : Lah, ngga suka diatur berarti suka ngatur ...
Toengggg.... tuh kan logika saya beda... saya kan cuma bilang ngga suka diatur orang, kenapa jadi saya yang dianggap suka ngatur orang .... itu ngga masuk di logika saya... udah saya renungkan berkali-kali tapi tetep aja saya ngga nyambung wkwkwk....

Selasa, 21 Januari 2014

Sinabung ... Se-propinsi

Tiap hari lihat berita tentang Sinabung, gunung yang meletus terus-terusan, udah berbulan-bulan. Puluhan ribu orang jadi pengungsi sampai berbulan-bulan, errrrr ...

Sebagai orang dari propinsi Sumatera Utara, kayaknya saya punya beban moral tentang kata "Sinabung". Sering kali ketemu orang dan nanya "kampungmu deket Sinabung ya ?". Hmm... sekedar info, saya belum pernah kesana dan kampung saya memang jauh dari sana. Mungkin butuh sehari perjalanan dari kampung saya, untuk sampai ke Sinabung... mungkin lho.. karena saya memang belum pernah kesana.

Pertengahan 2013, saya memang berencana ke gunung Sinabung.. waktu itu mikirnya, "ke gunung di pulau Jawa udah beberapa kali, masa ke gunung di sumatera belom pernah ?". Tapi keadaan berubah, rencananya batal. Karena sejak September, berita tentang Sinabung ada terus. Makin banyak pengungsi karena letusan gunung itu... Mulai deh mikir "penduduk lokal aja ngungsi, apalagi gue ???" Akhirnya saya memang tidak jadi kesana, kaki diarahkan ke danau Toba, danau terbesar di Indonesia :)...

Kamis, 09 Januari 2014

Posting Pertama di 2014

Akhirnya buka blog ini lagi... udah lamaaaaaa banget. Setahun !!!

Tahun lalu agak males nulis, banyak alasan, mulai dari koneksi internet sampai waktu yang gila-gilaan... Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih produktif... ngumpulin cerita sehari-hari supaya bisa bertahan lebih lama.
Itu dulu, karena udah mau jam pulang wkwkwk..