Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Senin, 29 September 2014

Ngantri Dong

Pernah ngga sih lo dateng ke seminar-seminar atau training motivasi gitu? Trus pernah lihat pembicara ngasih ceramah tentang tradisi antri orang Indonesia VS orang luar negeri? Kalo pernah, mungkin lo pernah ngalamin yang gue alamin dan rasakan ini...

Gue selalu terganggu dengan para pembicara yang ngasih contoh tradisi ngantri di negeri kita sambil ngasih gambar orang antri di kereta atau busway di NEGARA KITA, lalu nampilih orang-orang bule yang lagi ngantri nunggu kereta di NEGARAnya. Kesel ngga sih lo ngelihatnya? Ngga ya?..ya udah, berarti gue doank...wkwk...

Jadi gini, gue kan guru matematika, saban hari ketemu angka dan bilangan...makanya, gue tuh jadi penuh perhitungan. Mulai dari perhitungan uang, waktu sampe saingan...
Selama belasan tahun, gue tuh jadi pelanggan angkot, bis, busway, ojek dan kereta. Tanpa bermaksud ngeledek orang-orang yang ngga bisa ngitung, ini analisa gue kalo lo mau berkendaraan...


  • Kalo lo naik ojek, ngga usah rebutan... dari jarak 20meter aja, tukang ojek itu bakal nyapa "ojek mbak.."
  • Kalo lo naik angkot, ngga usah rebutan... lo cukup diri di pinggir jalan, angkot yang masih bisa nampung penumpang bakal berhenti persis di depan lo.
  • Kalo lo naik bis, ngga usah rebutan... karena keneknya punya teknik yang bisa bikin semua penumpang akan terangkut..
  • Kalo lo naik busway, ngga usah rebutan pas mau beli tiket... lo cukup rebutan pas naik ke buswaynya heheeh...
  • Kalo lo naik kereta, ngga usah MIKIR !!!! cepat!!! sigap!!! pake ilmu matematika lo, lo lihat dah tuh kereta sebiji direbutin sama ratusan orang... lo ngga mau diplototin bos karena dateng telat kan?...ini Indonesia!!!! kereta yang sebiji itu, kudu lo masuki barengan sama ratusan orang yang punya jam kerja sama. Kalo lo pergi ke Thailand, India atau Malaysia, ngga usah begitu... nyante aja... kereta pertama ngga muat, tunggu kereta berikutnya, santai...wolesss... tapi, inget ya... ini Indonesia...
Inilah curhatan seseorang yang untuk ke sekian kalinya disuguhi gambar bule ngantri di negaranya.
Setelah curhat, sekarang saatnya ngoceh. Ocehan kali ini, adalah upaya menumbuhkan budaya antri sejak dini...

Gue selalu percaya kalo semua anak bisa dicekokin ajaran baik, termasuk ajaran untuk ngantri... lo bisa nebak berapa lama seorang anak perlu belajar ngantri? menurut penelitian abal-abal gue, mereka butuh 3 bulan... begini ceritanya...

Juli : kalo murid-murid gue mau nanya sesuatu atau ngumpul sesuatu ke meja guru, mereka bakal ngerubungin meja gue...seabrek-abrek.. sampe-sampe gue sesak napas... gue kudu teriak-teriak "antri ya... tolong antri... "... walaupun lama-lama mereka akan baris, tapi tetep desek-desekan. Seolah-olah gue nih punya utang ke mreka dan gue mau kabur...


Agustus : Mereka akan paham arti gerakan tangan gue. Cukup ngasih kode, mereka akan antri. Udah ngga desek-desekan lagi. Nunggu giliran sambil ngobrol sama temen di depan atau belakangnya.

Septembter : Gue cukup duduk dan senyum manis. Mreka akan baris dan antri. Ngga desek-desekan lagi. Udah wolesss...

Antri untuk Foto. Santai. Ga usah rebutan.

Nah, usaha untuk bikin anak-anak mau ngantri dengan kesadaran... adalah usaha terus-menerus. Sampai mendarah daging. Sayangnya, kelak, di kehidupan mereka selanjutnya, belum tentu tradisi ini terpelihara, kenapa? Karena gue juga ngajarin mereka matematika...ngajarin mereka ngitung. Ngajarin mereka memperkirakan sesuatu. Mreka taulah, kalo kereta sebiji direbutin sama ratusan orang, ngga akan mengijinkan mereka berdiri manis nunggu giliran wkwkwk...

#diketik dalam keadaan setengah sadar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar