Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Senin, 24 November 2014

GURU TAK (LAGI) MAHA TAHU

 
Gambar hasil karya murid..
Tanpa bermaksud menggurui, kali ini lagi-lagi gue bakal nulis tentang keguruan hehehe…Ini terinspirasi dari obrolan gue dengan salah satu orang tua murid waktu gue bagiin rapot.
Kira-kira begini kalimat beliau “Saya sebenarnya menyayangkan ketika anak saya tidak dapat nilai sempurna sementara ada temannya yang dapat nilai sempurna. Sayangnya karena temannya itu diajari ayahnya yang dosen”. Waktu itu sih, gue ga bisa jelasin panjang-lebar, berhubung antrian orang tua di luar ruangan udah lumayan. Nah, berhubung sekarang lagi ada waktu, gue tulis deh penjelasan lengkap versi gue, versi gue lho. Siapa tau, orang tua itu punya waktu untuk mampir ke blog gue ini huahaha…teuteup…

Menurut gue, di jaman mod-ern ini, sumber belajar memang bukan cuma guru. Setelah gue teliti bertahun-tahun (percayalah…), sumber belajar atau sumber mendapat nilai bagus adalah : guru, buku teman, internet, anggota keluarga dan pengalaman pribadi. Gue jelasin satu per satu yaa…
·         Guru : lo pikir gue lebih pinter dari murid gue? Kaga !!! gue cuma kebetulan lahir duluan dari murid gue, jadi gue tau duluan. Istilahnya mah, gue menang tua doang.


·         Buku : Buku itu bejibun. Ga cuma buku paket yang di sekolah. Bahkan, menurut gue, buku paket yang sekarang di pakai di sekolah (yang dari pemerintah itu) kurang menarik, jadi bolehlah murid baca dari buku lain dan berkesempatan lebih tau dari gurunya.
·         Teman : lo pernah ke Eropa? Kalo udah, bolehlah nyerocos tentang Eropa. Tapi kalau belum, dan ternyata di kelas lo ada murid yang udah pernah ke Eropa, dialah guru terbaik di materi itu! Serius! Kasih waktu buat dia nyerocos…Lo catet! Bila perlu, keluarin hasil ocehan dia di ulangan.
·         Orang tua : Gue selalu senang kalau ada murid gue yang ngaku kalau dia diajarin orang tuanya, kenapa? Karena gue merasa ikut ambil bagian dalam upaya mendekatkan anak dengan orang tuanya. Dijaman dunia berjarak ini, banyak lho anak-anak yang ngobrol sama orang tuanya cuma hari sabtu dan minggu. Kesian…
·         Internet : Ini peringatan buat guru yang hobby ngasih PR berupa pertanyaan informatif. Ngga usah lo pake kalimat “kalian baca bukunya ya… supaya saya yakin kalian baca, ini PRnya”… kalau itu yang lo bilang, bermimpilah. Kalau PR yang lo kasih “Ibukota Jawa Barat adalah…”, jangan mimpi kalau mereka akan baca buku atau berpikir satu menit aja. Mereka akan ngetik pertanyaan itu di google dan dapetin jawabannya dalam hitungan detik… kreatiflah dalam ngasih PR hehehe…
·         Pengalaman pribadi : inilah sumber belajar terbaik. Sejarah membuktikan demikian. Jangan pernah meragukan pengalaman hidup tiap anak, kalau lo ngga mau diragukan. Anak petani adalah guru terbaik untuk materi cuaca, anak ketua RT adalah guru terbaik untuk materi organisasi, anak tukang becak adalah guru terbaik untuk materi gradient garis, dll. Hati-hati terhadap pengalaman pribadi murid…

Setelah panjang-pendek bahas sumber belajar, t’rus apa yang perlu kita ingat? Ya terserah lo sih..Tapi yang mau gue ingetin adalah guru terbaik di sekolah, sehebat apa pun dia ngajar, dia cuma jadi sumber belajar sekitar 15%. Tapi, bagaimana dia bisa bikin tuh anak memaksimalkan semua sumber belajar, itu yang harus diapresiasi.
Lalu, gimana dengan anak yang dapat nilai 100 karena dibantuin bapaknya? Ya gapapa, kan bapaknya juga sumber belajar. Trus, anak yang bapaknya ga jago ngajarin rugi donk? Ya kaga! Sebagian guru (termasuk gue), sering ngasih PR yang sektiar 5% nya belum pernah muncul di kelas (contoh,latihan, diskusi dll) untuk memberi kesempatan anak-anak yang punya kemampuan lebih, termasuk kemampuan untuk menggali informasi dari berbagai sumber, dan itu paling 1-2 nomor saja. Trus, itu akan keluar di ulangan? Kaga donk…kenapa? Analisa sendiri ya hehehe…


Sekian ocehan kali ini. Ini hanya ocehan… bukan modul..jadi tolong jangan dijadikan bahan presentasi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar