Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Selasa, 30 Desember 2014

MEMORIZING LIKE AN ELEPHANT



                               Ceritanya libur Natal kali ini, gue ngga pergi kemana-mana. Gue punya libur 7 hari yang harus gue habisin di rumah. Maka, sehari sebelum libur dimulai, gue menyiapkan beberapa amunisi untuk mengisi liburan. Salah satunya adalah beli buku untuk dibaca (yaiyalah, masa di makan???). Setelah keliling hampir 2 jam di toko buku, akhirnya gue milih buku berjudul “Memorizing Like An Elephant” karangan Yudi Lesmana. Buku ini berisi beberapa teknik untuk nginget or ngapalin sesuatu.

                               Kalau lo tertarik untuk baca bukunya dan pengen tau isi lengkap bukunya, silakan lo beli sendiri. Untuk kali ini, gue cuma mau berbagi dua hal menarik menurut gue.

                               Hal pertama yang menarik adalah cara mengingat dengan Metode Lokasi. Di metode ini, kita di paksa seolah menaruh / meletakkan hal-hal yang mau kita inget di tempat-tempat yang udah kita inget banget. Yang umumnya kita inget kan benda-benda di kamar or rumah, letak bagian-bagian tubuh kita atau benda-benda yang kita lewatin waktu pulang sekolah.

                               Gue kasih contoh ya. Ceritanya gue kudu ngapalin 12 nama hewan secara urut. T’rus, gue plototin dah tuh isi kamar gue dan gue cari 12 benda yang bisa jadi tempat naro hewan-hewan itu. Kalo ngikutin latihan di buku Om Yudi itu, hewan-hewan yang kudu gue hafalin adalah : kelelawar, tikus, bebek, babi, ayam, orang utan, beruang, landak, musang, kadal, kura-kura, ikan piranha (udah 12 kan ya?)..

                               Langkah berikutnya adalah naro hewan-hewan itu di kamar gue. Beginilah letaknya :

  1. Ada kelelawar menclok di Jam Dinding gue.
  2. Eh ada tikus yang gerogotin pakaian gue yang ada di Lemari Putih.
  3. Karena Lemari Coklat gue agak rusak, si bebek masuk ke dalem lemari.
  4. Di Gantungan baju, entah kenapa ada babi yang bertengger.
  5. Para ayam masuk ke tiap Tas gue yang bergantungan.
  6. Gue juga bingung kenapa ada Orang Utan mainin Gitar gue.
  7. Pas gue lihat Cermin, yaoloh… ada beruang di pantulannya.
  8. Kalo dilihat lebih teliti, ternyata ada landak yang lagi gerogotin patung Wat Po di pigura.
  9. Di Kipas Angin bergelantungan si Musang, kayaknya beliau kepanasan.
  10. Karena agak berantakan, Kadal aja ampe tidur di Kasur Atas gue.
  11. Di Kasur Bawah malah ada kura-kura ngumpet.
  12. Oiya, karena Ikan Piranha mahal, dia gue simpen di Tempat Baju yang mau di setrika.

Begitulah mereka semua gue ajak ke kamar. Lo kudu percaya ya… sampe hari ke sekian, gue masih bisa inget ke-12 hewan itu…serius!

 

                               Hal menarik lainnya adalah cara mengingat angka-angka. Lo pernah lihat Joe Shandy yang jago nginget angka itu? Kalo belom, gue rasa lo perlu googling tentang dia…sono gih…

                               Secara singkat, cara nginget angka adalah dengan mengganti angka-angka dengan huruf konsonan. Ini hasil konversi versi gue (agak beda dengan Om Yudi).

0 jadi N

1 jadi L

2 jadi K

3 jadi M

4 jadi H

5 jadi S

6 jadi B

7 jad J

8 jadi P

9 jadi G

 

Langkah berikutnya adalah bikin angka-angka jadi berpasangan. Misalnya mau ngapalin angka 3567, kita pisah-pisah jadi 35 / 67. Kalau di konversi :

35 jadi M_S_ trus kita wakili dengan kata MaSa.

67 jadi B_J_ trus kita wakili dengan kata BaJa.

Maka, 3567 kita hafal jadi MaSsa BaJa (berasa kayak belajar fisika ya..)

 

Kira-kira begitu. Kalau mau detail, lo boleh beli bukunya. Kalo ngga ngerti baca bukunya, lo boleh nanya gue. Moga-moga gue mau jawab. Oiya, sekedar pamer ya…sekarang gue udah hafal no,KTP gue. Pengen tau? No. KTP gue setelah di konversi adalah :

didaleM BaJu HeiHo tertera NaMa BaHu NuGi, makanya PaHa NaNa jadi XX (sensor dua angka).

 

Di buku Om Yudi ini ada belasan PR yang bisa bikin kita makin pinter. Tapi karena gue udah ngerasa pinter dikit, gue ngga ngerjain semua PR nya. Kayaknya gue cuma ngerjain 30% PR-nya. Nah, lo bayangin deh, gue Cuma ngerjain segitu aja, gue udah bisa hafal no.KTP gue, apalagi kalo gue ngerjain semua PRnya, gue yakin bisa inget no.KTP lo juga wkwk…

 

Itu dulu hasil baca buku minggu ini. Gue tulis supaya gue bisa inget isi bukunya lebih lama…

1 komentar: