Pernah
ngga sih lo galau di kerjaan lo? Kalo pernah, mungkin lo bisa ngerti apa yang
gue rasain saat ini. Jangan lo pikir kerjaan jadi guru ngga pernah galau hehehe…
Gue lagi galau tentang matematika, yaiyalah, gue kan guru matematika !!!!
Waktu
lo sekolah, pernah kan nemuin soal-soal math yang ada tokohnya. Misalnya “Budi
membeli 2 pulpen seharga Rp. 5.000…” atau “Cepot memiliki lahan seluas 3 hektar”
dan seterusnya. Pernah kan terbesit dipikiran lo “kaya banget si Cepot ckckck”,
iya kan? ngaku aja hahaha…Dulu gue gitu, sampe SMP gue sering sibuk mikirin “kok
Tuti rugi? Kenapa Amat disuruh keliling lapangan? Dimana sih Semarang itu?”…Jadi,
di saat temen-temen gue udah ngerjain soal, gue masih sibuk mikirin si Tuti,
Amat sama Semarang wkwk…
Setelah
gue gede dan kuliah, gue baru ngerti tuh kenapa di soal math sering ada
tokoh-tokoh. Konon supaya matematika itu ngga dianggap abstrak melulu, supaya
dia lebih membumi, kalau bahasa di Kurikulum 2013 supaya dia kontekstual…beeuhhhh
… manteb ga tuh istilah gue..wkwk..
Bertahun-tahun
tumbuh dengan pemahaman itu. Setelah gue jadi guru pun, gue jadi begitu. Kalo
gue bikin soal, gue selalu mencantumkan tokoh di soal-soal ceritanya. Dan gue
sering dapet hiburan dari kebiasaan itu. Misalnya gue bikin soal “Cahya menjual
mobil seharga Rp. 250.000.000. Dari penjualan itu Cahya memperoleh untung 25%,
berapa harga beli mobil itu?”. Beberapa hal unik yang muncul setelah ulangan
adalah :
·
Si
Cahya beneran dateng dan bilang “harusnya lebih mahal bu…harga mobil kan udah
naik”
·
Temennya
si Cahya bilang “yang bisa jual mobil kan papanya Cahya bu”
·
Temennya
si Cahya yang lain lagi bilang “kan tadi saya ketemu 2.000 bu, trus sy
pikir-pikir lagi, masak mobil harganya 2.000? saya lihat lagi… untung aja sy
jadi nyadar”
·
Temennya
yang lebih unik bilang “kalo sy yang jual, saya jual 300juta”
·
Dan
lain-lain..
Gue
sebagai guru, ngelihat sisi positifnya. Se-nggak-nya, ide-ide kreatif muncul
dari nama “Cahya” itu. Jadi, di saat orang mumet dengan angka dan rumus, masih
ada hal kreatif muncul di pelajaran math hehehe…
Kalo
lagi ngobrol-ngobrol bareng teman sesama guru, kadang kami diskusiin hal-hal
begituan. Hal-hal yang bisa dihasilkan di pelajaran matematika, meski cuma dari
penyajian soal. Jelas donk lo ga boleh bikin soal “Si Budi memukul temannya
selama 10 detik…”, itu mah ngga berperikeguruan hahaha…
Beberapa
bulan lalu, gue ngikutin pelatihan guru. Di pelatihan guru itu, kami diminta
membuat contoh soal, ternyata pas gue ngasih contoh, beliau minta soal gue
diganti. Nama di soal itu diganti karena orang di sekitar kami punya nama itu….toeng…
gue bingung donk. Pas gue tanya, kata narasumbernya “supaya tidak memberi efek
psikologis”. Waduhh… makin runyam ajeehhh hahaha…
“ada
aturannya ya pak?” gue tanya.
“Anjuran
aja sih” kata beliau.
Bulan
berlalu. Suatu ketika lagi ngobrol-ngobrol bareng temen.
A
: soal mathnya jangan nyantumin nama.
Sarma
: Kenapa? Mosok semua variabel?
A
: inget ngga pas pelatihan. Ada aturannya.
Sarma
: Ngga ah… katanya anjuran.
A
: Ada aturannya katanya. Ikutin aja..
BT
ngga sih lo kalo gitu? Gue sih BT. Saking BT nya, gue ampe googling dengan
keyword “etika membuat soal matematika”. Dari artikel-artikel yang gue baca itu,
ngga ada tuh keharaman dalam mencantumkan nama murid lo di soal yang lo buat.
Sejujurnya, gue emang keras kepala, tapi kalo udah peraturan pasti gue ikutin.
Gue nih termasuk orang yang taat pada aturan, bukan pada anjuran wkwkwk…
Kegalauan
gue makin menjadi setelah gue ngobrol sama orang dari lembaga yang sama dengan
narasumber yang dulu itu. Mereka sama-sama orang yang dipercaya dinas
pendidikan untuk ngoceh tentang kurikulum 2013. Dua-duanya pernah jadi
narasumber di pelatihan dimana gue dan Si A hadir . Dua-duanya juga umurnya
jauhhhhhhh di atas gue, yang artinya mereka senior lah ya.Tapi tentang pencantuman
nama itu, mereka beda pendapat. Yang satu nganjurin jangan nyantumin, yang satu
keukeuh justru itu kelebihan kurikulum 2013…
Sebagai
guru (sok) muda, kan eike jadi bingung. Tapi gue bukan bingung tentang
kurikulumnya lho. Gue nih lagi bingung, itu aturan apa anjuran ya. Kalo aturan,
gimana caranya biar gue bisa nemuin aturan itu. Kalo itu anjuran, gimana
caranya bilang ke temen gue itu…hehehe
#still
thinking about “the art of teaching”
BWAKAKakakakaka lucu banget dah ah postingan lo yang ini, eh bukan yang ini aja deng. kalo menurut gue (menurut gue loh, berarti boleh subjective loh, berarti gue boleh ngomong dari sisi ilmu komunikasi lohhh karena gue lulusan komunikasi lohh :P)
BalasHapusDlm berkomunikasi kan ada aspek penyampai pesan dan penerima pesan. Nah lo kudu research dulu Sa, yang ngomong itu "anjuran" ke elo orang dari suku apa. Kalau beliau Javanesse, anjuran itu bisa diartikan bahasa halusnya aturan.
Nah pan yah, mungkin beliau juga bukan communicator yang excellent, dia juga ga nyadar kalo lo itu Batak, yang menginterpretasikan anjuran ya anjuran, aturan ya aturan. BWAKAKAKakakakakk. Horas!
gue baru baca balesan lo nih jeng...parah..udah sebulan wkwkw...
Hapusbeliau orang jawa... dan gue sepakat kalo beliau emang mau bilang kalo itu aturan.
Perkaranya kan, itu memang bukan aturan... itu cuma anjuran dari seorang pembicara di sebuah acara. Udah gue obok-obok berbagai sumber, ga ada yang bilang kalo itu aturan...
mangkenye, ampe skg (sebulan setelah komentar lo), gue tetep nganggep itu anjuran wakakkak...