Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Kamis, 09 Oktober 2014

ATURAN DAN ANJURAN

Pernah ngga sih lo galau di kerjaan lo? Kalo pernah, mungkin lo bisa ngerti apa yang gue rasain saat ini. Jangan lo pikir kerjaan jadi guru ngga pernah galau hehehe… Gue lagi galau tentang matematika, yaiyalah, gue kan guru matematika !!!!

Waktu lo sekolah, pernah kan nemuin soal-soal math yang ada tokohnya. Misalnya “Budi membeli 2 pulpen seharga Rp. 5.000…” atau “Cepot memiliki lahan seluas 3 hektar” dan seterusnya. Pernah kan terbesit dipikiran lo “kaya banget si Cepot ckckck”, iya kan? ngaku aja hahaha…Dulu gue gitu, sampe SMP gue sering sibuk mikirin “kok Tuti rugi? Kenapa Amat disuruh keliling lapangan? Dimana sih Semarang itu?”…Jadi, di saat temen-temen gue udah ngerjain soal, gue masih sibuk mikirin si Tuti, Amat sama Semarang wkwk…


Setelah gue gede dan kuliah, gue baru ngerti tuh kenapa di soal math sering ada tokoh-tokoh. Konon supaya matematika itu ngga dianggap abstrak melulu, supaya dia lebih membumi, kalau bahasa di Kurikulum 2013 supaya dia kontekstual…beeuhhhh … manteb ga tuh istilah gue..wkwk..

Bertahun-tahun tumbuh dengan pemahaman itu. Setelah gue jadi guru pun, gue jadi begitu. Kalo gue bikin soal, gue selalu mencantumkan tokoh di soal-soal ceritanya. Dan gue sering dapet hiburan dari kebiasaan itu. Misalnya gue bikin soal “Cahya menjual mobil seharga Rp. 250.000.000. Dari penjualan itu Cahya memperoleh untung 25%, berapa harga beli mobil itu?”. Beberapa hal unik yang muncul setelah ulangan adalah :
·         Si Cahya beneran dateng dan bilang “harusnya lebih mahal bu…harga mobil kan udah naik”
·         Temennya si Cahya bilang “yang bisa jual mobil kan papanya Cahya bu”
·         Temennya si Cahya yang lain lagi bilang “kan tadi saya ketemu 2.000 bu, trus sy pikir-pikir lagi, masak mobil harganya 2.000? saya lihat lagi… untung aja sy jadi nyadar”
·         Temennya yang lebih unik bilang “kalo sy yang jual, saya jual 300juta”
·         Dan lain-lain..

Gue sebagai guru, ngelihat sisi positifnya. Se-nggak-nya, ide-ide kreatif muncul dari nama “Cahya” itu. Jadi, di saat orang mumet dengan angka dan rumus, masih ada hal kreatif muncul di pelajaran math hehehe…

Kalo lagi ngobrol-ngobrol bareng teman sesama guru, kadang kami diskusiin hal-hal begituan. Hal-hal yang bisa dihasilkan di pelajaran matematika, meski cuma dari penyajian soal. Jelas donk lo ga boleh bikin soal “Si Budi memukul temannya selama 10 detik…”, itu mah ngga berperikeguruan hahaha…

Beberapa bulan lalu, gue ngikutin pelatihan guru. Di pelatihan guru itu, kami diminta membuat contoh soal, ternyata pas gue ngasih contoh, beliau minta soal gue diganti. Nama di soal itu diganti karena orang di sekitar kami punya nama itu….toeng… gue bingung donk. Pas gue tanya, kata narasumbernya “supaya tidak memberi efek psikologis”. Waduhh… makin runyam ajeehhh hahaha…
“ada aturannya ya pak?” gue tanya.
“Anjuran aja sih” kata beliau.

Bulan berlalu. Suatu ketika lagi ngobrol-ngobrol bareng temen.
A : soal mathnya jangan nyantumin nama.
Sarma : Kenapa? Mosok semua variabel?
A : inget ngga pas pelatihan. Ada aturannya.
Sarma : Ngga ah… katanya anjuran.
A : Ada aturannya katanya. Ikutin aja..

BT ngga sih lo kalo gitu? Gue sih BT. Saking BT nya, gue ampe googling dengan keyword “etika membuat soal matematika”. Dari artikel-artikel yang gue baca itu, ngga ada tuh keharaman dalam mencantumkan nama murid lo di soal yang lo buat. Sejujurnya, gue emang keras kepala, tapi kalo udah peraturan pasti gue ikutin. Gue nih termasuk orang yang taat pada aturan, bukan pada anjuran wkwkwk…

Kegalauan gue makin menjadi setelah gue ngobrol sama orang dari lembaga yang sama dengan narasumber yang dulu itu. Mereka sama-sama orang yang dipercaya dinas pendidikan untuk ngoceh tentang kurikulum 2013. Dua-duanya pernah jadi narasumber di pelatihan dimana gue dan Si A hadir . Dua-duanya juga umurnya jauhhhhhhh di atas gue, yang artinya mereka senior lah ya.Tapi tentang pencantuman nama itu, mereka beda pendapat. Yang satu nganjurin jangan nyantumin, yang satu keukeuh justru itu kelebihan kurikulum 2013…

Sebagai guru (sok) muda, kan eike jadi bingung. Tapi gue bukan bingung tentang kurikulumnya lho. Gue nih lagi bingung, itu aturan apa anjuran ya. Kalo aturan, gimana caranya biar gue bisa nemuin aturan itu. Kalo itu anjuran, gimana caranya bilang ke temen gue itu…hehehe


#still thinking about “the art of teaching”

2 komentar:

  1. BWAKAKakakakaka lucu banget dah ah postingan lo yang ini, eh bukan yang ini aja deng. kalo menurut gue (menurut gue loh, berarti boleh subjective loh, berarti gue boleh ngomong dari sisi ilmu komunikasi lohhh karena gue lulusan komunikasi lohh :P)

    Dlm berkomunikasi kan ada aspek penyampai pesan dan penerima pesan. Nah lo kudu research dulu Sa, yang ngomong itu "anjuran" ke elo orang dari suku apa. Kalau beliau Javanesse, anjuran itu bisa diartikan bahasa halusnya aturan.

    Nah pan yah, mungkin beliau juga bukan communicator yang excellent, dia juga ga nyadar kalo lo itu Batak, yang menginterpretasikan anjuran ya anjuran, aturan ya aturan. BWAKAKAKakakakakk. Horas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue baru baca balesan lo nih jeng...parah..udah sebulan wkwkw...

      beliau orang jawa... dan gue sepakat kalo beliau emang mau bilang kalo itu aturan.
      Perkaranya kan, itu memang bukan aturan... itu cuma anjuran dari seorang pembicara di sebuah acara. Udah gue obok-obok berbagai sumber, ga ada yang bilang kalo itu aturan...
      mangkenye, ampe skg (sebulan setelah komentar lo), gue tetep nganggep itu anjuran wakakkak...

      Hapus