Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Selasa, 09 Juni 2015

Suku 7D

We like Sport
Ini cerita tentang suatu suku. Suku yang dihuni 32 orang dari berbagai suku..lho…apaan sih?..Sebenarnya ini tentang sebuah kelas, tapi mereka menyebut dirinya suku. Suku 7D. Bertetangga dengan sebuah Republik dan sebuah Kerajaan…apa pula ini???
Ketika pertama berkenalan dengan ke-31 makhluk ini, rasanya seperti makan mi ayam pakai sumpit, alias biasa aja. Ada yang kecil, besar, langsing, gendut, putih, coklat, gelap, cerah, keriting, lurus, de el el. Saya lihat data-datanya pun, biasa saja. Melototin mereka di masa orientasi, biasa saja. Semua biasa saja.

Ketidakbiasaan mulai muncul di minggu kedua. Kala itu, saya sedang bersantai-santai di ruang makan. Seorang guru berteriak “Bu, anakmu tuh Bu..bilangin..nanti rusak semuanya!”. Tergopoh-gopoh saya turun ke dekat kelas mereka. O may gat! Seorang bocah lagi ngumpet di bawah pot! Mereka main petak umpet (atau apa pun nama mainannya lah..). 
Saya menajamkan penglihatan. Tatap kiri-kanan. Terlihat beberapa orang ngumpet di bawah podium, anak lain lagi ngumpet di bawah meja, beberapa cewek cekakak-cekikik ngumpet ke ruang BK. Arrrggghhh…
“Kalian ngapain?” saya bertanya sambil menyipitkan mata?
“Main Bu” jawab mereka seperti paduan suara sumbang.
“Di sekolah? Main begitu? Kalian kan udah kelas 7 … udah es em pe!”
“Trus?”mereka malah bertanya dengan ekspresi bingung.
“Ya jangan main begituan…”
“kenapa?”
Helloowwwwww!!!! Makhluk macam apa yang bertanya kenapa mereka tidak boleh main petak umpet, padahal mereka sudah SMP? Mereka itu sudah SMP!!! Rok dan celana biru!!! Akhirnya saya pun naik ke ruangan saya. Sambil mangap karena tidak habis pikir. Komat-kamit memohon perlindungan Tuhan hahaha…

Bulan berganti. Saya pun mulai menikmati relasi kami, bagaimana pun mereka adalah rekan kerja saya selama tahun ajaran ini. Saya nikmati ketika mereka menjadi peserta ulangan perbaikan terbanyak di IPS-L, saya nikmati ketika di bulan-bulan awal mereka sering melanggar tata tertib, saya menikmati ketika ada anak yang tiba-tiba pengen ngangkat patung Budha di Borobudur, saya menikmati ketika mereka dengan PD menjawab “ngerti”tiap kali ditanya, tapi tiba-tiba remed massal wkwkwk…. Saya menikmati setiap kejadiannya dan mencatat apa pun yang sempat saya catat. Beberapa hal yang saya ingat dari tiap individu di suku ini adalah:
1. Adeline: Dia calon professor. Dia calon peneliti. Pinter Math, piano, basket, dan lain-lain. Jago dia!
2.    Angela: Dia cerdas. Bisa berhitung cepat. Tulisannya segede mikroorganisme. Rambutnya kayak komik-komik tentang kerajaan Perancis, keren deh.
3.    Rangga: Dia kayak detektif. Diem-diem, nulis, trus ngadep ke guru, kayak ngasih laporan gitu. Berkaca mata. Dia lebih cocok jadi professor dibanding Adeline hehehe…
4.    Brenda: Dia pendiam. Tidak pernah membuat keributan di kelas, taat sekali. Dia hobby fotografi.
5.    Cahya: Berbadan besar (bo’ong banget). Ini kayak anak SD banget. Kostumnya aja tokoh kartun mulu hahaha.. Tapi dia ini orang paling sigap di kelas, hapus papan, bantuin guru, dll.
6.    Febby: Dia penari. Jago joget. Mau latihan nari? Sama dia aja..dijamin bisa dalam 1 minggu.
7.    Damien: Ini kepala sukunya. Jago main bola dan kasti. Dia paling males di suruh tanda tangan, padahal dia itu kepala suku yang kudunya menandatangani banyak hal.
8.    Vira: Dia jago gambar. Pendiam dan lebih senang menghabiskan waktu dengan menggambar apa pun.
9.    Jovan: Pinter. Sering ngajarin temen-temennya. Tulisannya rapihhhh sekali.
10. Chiarra: Ini miss poni. Ketawanya badai. Ngerjain apa pun harus sambil senyum.
11. George: Ini jago gitar. Jreng..jreng…jreng…
12. Rizky: Ini jago bola. Larinya cepet banget. Ribuan semut bergabung pun, dia tetep lebih cepet dari semut-semut itu. Dia juga mantan kepala suku.
13. Igo: Ini nih…ini nih… Dia ini anak baik dan penurut, tapi kadang telat :D
14. Ivana Yoan: Cantik, pinter dan dapat diandalkan.
15. Joe: Ini jago bola. Sering ikut lomba-lomba bola. Kalau dibilang “kamu boleh main bola kalau kerjaannya udah beres”, langsung dia  ngebut ngerjain apa pun.
16. Syanda: Ini orang Bali. Sendal jepitnya aja ala bali. Cantik dan jago basket.
17. Kevin: Ini nih…ini nih…si Kepin yang hobbynya ngelawak. Dia blom ngomong aja udah lucu wkwkw…Oiya, tulisannya dia bagus lho.
18. Virla: Jago menari. Punya kembaran yang beda banget, kembarannya itu jago menari (apanya yang beda?). Dia tekun sekali kalo belajar.
19. Erica: Suaranya bagus, tapi blom sering tampil nyanyi. Dia jago basket.
20. Bara: Jago bola nih. Kalau udah di lapangan, semangatnya membara.
21. Arriel: diam itu emas, kayaknya itu prinsip arriel. Dia tenang banget. Diem-diem… nilainya 100. Menyenangkan banget sih hidup lo Riel!
22. Axel: Si ganteng. Orang terganteng di suku ini, menurut dirinya sendiri lhooo… Dia orang yang percaya diri, bisa diandalkan. Dia juga jago basket.
23. Nicho: Dulunya mah diem…tapi belakangan ini jadi kocak juga…malah bisa tampil ala banci wkwkwk. Dia ini jago basekt.
24. Louis: Tiap lihat laut, sekarang saya jadi inget Louis hehe. Ceritanya waktu libur Natal Louis ngga masuk-masuk karena nunggu angin tenang di kala mudik. Dia ini jago math.
25. Tania: Dia pendiam dan loyal dalam berteman. Sahabatnya Vira dan Brenda . Dia jago menari tradisional.
26. Tiara: Cantik dan pintar merias. Dia juga jago futsal.
27. Rila: Jeng Rila!!!! Yaoloh jeng… Dia nih jago menari. Ceriwis. Oiya, dia punya sweater tulisannya “SM”, Sarma Manurung ya jeng?
28. Adhi: Ini tandemnya Cahya. Hobby ngelawak juga. Waktu tampil jadi banci, bahagia banget dia hahaha
29. Winson: ini anak misterius banget. Beneran. Susah ditebak. Dia bisa baikkkkk banget dan alasannya “pengen aja. Besok blom tentu saya begini” lahhh…gimana sih…misterius kan?
30. Yudha: Anak ini baik banget. Selalu mengerjakan tugasnya dengan bertanggung jawab. Mukanya kayak Harry Potter.
31. Zefa: Ketawanya nih badai cetar membahana. Beneran. Dia jago menari dan terampil bikin sop buah dan semacamnya itu lah…

Itulah makhluk-makhluk hidup yang selama 11 bulan menjadi rekan kerja saya. Sama-sama bekerja. Kerjaan mereka adalah memperbesar jaringan otak supaya makin pinter, kerjaan saya adalah nemenin mereka bekerja..apaan sih? :p.
Tiap kelas selalu punya ceritanya masing-masing. Inilah cerita tentang kelas ini. Ditulis, supaya bisa diingat lebih lama…
We do choir



2 komentar: