Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Selasa, 11 Februari 2014

Saatnya NgomPol or NulPol

Dapet ide nulis tentang beginian waktu bales-balesan komen sama seorang teman. Sebenernya sering ngobrol tentang beginian sih, tapi hari kemaren… entah kenapa pengen aja nulis tentang semua yang ada di kepala. Setelah biasanya ngobrol sepotong-sepotong dengan berbagai makhluk, nah kali ini pengen ngomongin semuanya *maruk…

Sebelum baca ke kalimat-kalimat OPINI, pastiin dulu kalo elo tau FAKTA tentang gue …
·         Gue bukan ahli politik. Gue kuliah bidang eksakta, yang kata orang, selalu ngomongin angka. Kami dibentuk untuk mengambil kesimpulan berdasarkan data, bukan perasaan. Suatu kali ada pelatihan yang terdiri dari 4 modul, nah satu-satunya modul dimana gue GAGAL TOTAL adalah modul POLITIK, sampe-sampe fasilitator gue geleng-geleng lihat gue…wkwkw…
·         Gue ngga pernah baca buku-buku berbau politik njelimet. Kayaknya, diantara ratusan buku yang ada di perpustakaan mungil gue, buku yang berbau politik cuma yang berjudul “KPK VS Polri”, itu pun blom gue baca sampe sekarang !!!
·         Gue ngga terlibat di partai mana pun… satu-satunya keterlibatan gue di parpol, ya pas pemilu…Jadi, jangan mikir kalo gue lagi melakukan kampanye hitam atau kampanye putih di blog kesayangan gue ini.. Blog gue ini terlalu keren, kalo dijadiin tempat kampanye buahahha…

Beginilah PENDAPAT gue tentang pemilu, karena kan udah mau pemilu…
·         Ikut PEMILU itu wajib bagi semua WNI yang udah punya KTP.. dulunya gue pikir ikut PEMILU itu hak, ehhhh… taunya wajib. Saking wajibnya, sampe ada yang bilang Golput itu Haram… oiya, sekedar info, gue penganut Katolik, di agama gue ngga ada istilah haram, adanya najis..lho?!... *kayaknya mirip sih wkwkwk…
·         Siapa yang mau elo pilih di pemilihan calon legislatif nanti, itu 100% HAK elo, ngga ada campur tangan siapa pun. Bakalan ada tangan yang campur-campur, kalo elo ngga dateng ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kertas elo itu dicontreng sama siapa pun yang ada disana, sesukanya dia.

·         Siapa yang elo pilih di pemilihan calon presiden nanti, itu 99% HAK elo, ngga 100% lho… kenapa????? Karena cuma partai-partai yang dapet persentase tertentu di Pemilihan Caleg yang boleh ngusulin calon presidennya. Jadi, kalo elo ngga pengen si Bapak A jadi capres, ya jangan pilih caleg dari partainya si Bapak A…itu logika sederhana sih. Logika rumitnya, lo pantengin dah tuh tipi-tipi.
·         Gimana cara lo milih caleg ? kaga ada rumus yang baku. Andai, bapak kandung gue yang jadi caleg, baru dah gue bilang “Gue pilih Maruli Manurung”, kenapa? Elo ngga mau dianggap anak durhaka kan? hehehe… Sampai detik ini, gue ngga tau siapa caleg yang bakal gue pilih di dapil gue, yang gue punya cuma daftar caleg yang NGGA BAKAL gue pilih dengan berbagai alasan. Pertimbangannya : baca tuh item 3 ! pertimbangan lainnya : gue udah pernah ketemu, pernah lihat, pernah ngobrol dll dan gue anggep dia ngga layak jadi perwakilan gue di gedung DPR. Pertimbangan lainnya lagi : gue ngga pernah ketemu dia, tapi ada fakta-fakta tentang dia, misalnya : punya istri 2… tanpa mengurangi rasa hormat terhadap orang-orang yang pro poligami, gue tetep ngga bakal milih caleg seperti ini…Bisa juga, pernah ada fakta yang membuktikan dia itu pelaku kriminal… Nah, pertimbangan-pertimbangan begitu, bakal gue pake untuk menuh-menuhin daftar CALEG YANG NGGA bakal gue pilih. Jadi, siapa yang bakal gue pilih? Blom tau !!!! Nah, lo bayangin dah tuh cara gue ikut pemilu, dateng ke TPS dengan modal “Jangan yang partai ini…. Jangan si bapak/ibu itu…”
·         Waktu gue mudik, emak gue cerita kalo ada caleg yang bagi-bagi paket menjelang Natal… Langsung deh gue bilang ke emak gue “berarti mama jangan pilih dia”, kenapa ?????? karena kalo dia kepilih, percayalah, kita kudu balikin pemberiannya itu… dengan berbagai cara lho. Kita ngomongin matematika aja ya, karena blog gue ini kan www.matematikabanget.blogspot.com , lo bayangin ada orang yang ngasih elo duit 10.000 padahal elo ngga kenal dia dan elo juga bukan pengemis, curiga kan? T’rus elo balik posisinya, kalo elo jadi dia, emang elo ngga mau balik modal?...kalo pake gaya sinetron, elo bakal bilang “”huahahah… aku sudah jadi anggota depeer, kemaren-kemaren ngeluarin 500jt, ayo kita rebut lagi 500jt itu…hahaha ” *ini gaya sinetron lho…
·         Elo pernah denger atau baca kalo ada warga negara lain yang nganggep remeh negara kita ? Gue pernah, dan gue kesel. Walaupun gue ngga pernah ketemu orangnya, tapi pengen aja nampol mukanya…*oopss, don’t try this at home ya. Sebagai WNI, elo ngga pernah diwajibin untuk belain negara elo sampe  habis-habisan, sampe bawa-bawa bambu runcing atau senapan, itu urusan TNI. Kalo elo berniat pasang badan buat bela negara, elo jadi TNI aja!.. Menurut gue, cara paling sederhana yang bisa gue lakukan untuk bela negara gue adalah ikutan milih Kepala Negara gue, karena dia yang bakal mimpin negara ini. Kalo negara ini bermartabat, dia yang pertama bakal dikasih selamat, kalo negara ini makin kacau, dia juga yang pertama bakal dihujat. Gimana, cara milih calon kepala negara? Pantengin lagi item 3…
·         Ada yang bilang “jangan usik urusan pribadi seseorang, lihat visi dan misinya aja”… Buat gue, omaygat!!!!... Gue pasti ngusik hal-hal begituan. Bayanginnya gini : elo mau milih ketua RT, ada 3 calon, si A elo kenal sebagai orang yang pernah mukul istrinya, si B elo kenal sebagai orang yang pernah minjem duit tapi ngga balik-balikin, si C elo ngga kenal sama sekali…t’rus siapa yang elo pilih ? *jawab dalam hati… gue bakal milih si C hehehe… Elo SANGAT diperbolehkan memilih seseorang karena pertimbangan pribadinya..Kenapa kalo milih presiden ga boleh ngusik urusan pribadinya? Karena ngga semua orang pernah ketemu calon presiden… kalo elo ngga pernah ketemu seseorang, masa iya elo berani ngebahas urusan pribadinya???? Sesuatu yang pribadi, beda sama sesuatu yang udah jadi FAKTA lho… elo ngga boleh menyimpulkan pribadi seseorang cuma karena di tipi dibilang “tampaknya si bapak A sedang galau setelah perceraiannya”, tapi gue yakin elo boleh ambil kesimpulan kalo di tipi dibilang “Si Bapak A terbukti secara sah melakukan pelanggaran HAM”
·         Ada lagi temen yang bilang “gue udah punya 2 caleg yang ngga bakal gue pilih, tapi caleg kan ratusan.. tetep bingung”. Bagus itu, lumayan J. Kita masih punya 2 bulan untuk menuh-menuhin daftar itu… banyak-banyakin. Coba bertanya sama diri sendiri, berapa lama elo nonton tipi? Berapa kali elo liat baliho yang melanggar aturan? Berapa kali elo lihat wall FB elo yang isinya tentang caleg? De El El… Gue jarang nonton tipi, tapi sesekali nonton berita juga, dan nonton berbagai channel, elo tau lah… kalo kita terlalu fokus sama 1 channel, ga bakalan netral deh… di negara ini, tipi-tipi itu sering jadi alat politik hehehe… Dari tontonan, dari bacaan, dari obrolan, daftar-daftar caleg yang ngga boleh gue pilih pun semakin banyak… kalo nantinya tinggal ada 3 caleg, kan lumayan… pas di TPS, tinggal nyanyi “cap cip cup belalang kuncup ….”
·         Ini yang terakhir, tapi ini sangat personal… kalo kata orang Sains, ngga bisa di logikain. Waktu tahun 1998 (ceritanya gue masih kecil), gue punya temen gereja, bermata sipit dan berkulit cerah (entah cina, lampung, batak, menado, Palembang, sunda, etc). Ngga tau nama aslinya, cuma manggilnya Tia… sejak kejadian Mei itu, dia ngga pernah ke gereja lagi. Gue males lanjutin cerita ini, bagi orang yang punya pengalaman yang sama kayak gue, pasti tau ending cerita itu. Sekian …

Itu dulu nih… Itu yang muncul di otak gue. Setelah gue lihat-lihat, panjang juga hahaha… kayaknya si Blogger bakal ngirim peringatan ke gue nih… karena posting sesuatu yang terlalu panjang…
Oiya, sekali lagi… ini pendapat pribadi gue.. karena ini blog pribadi gue…wkwkwk…. Kalo elo suka, itu biasa aja. Kalo elo ngga suka, itu juga biasa aja…

2 komentar:

  1. eh, masak pemilu itu wajib sih Sa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut PENDAPAT gue wajib...kalo kita ngga menunaikan kewajiban itu, maka banyak hak kita yang ga bisa kita tuntut :)

      Hapus