Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Senin, 01 September 2014

Mendamba Buku

Siang ini, hari ini, bulan ini, gue mau curhat... atau mau ngomel-ngomel, atau mau ngeluh, atau mau apa kek namanya... yang jelas, gue kudu ngungkapin apa yang gue rasain saat ini... moga-moga gue tetep hidup aman setelah gue nulis ini di blog pribadi gue...

Lo tau kerjaan gue apa? Guru !!!!... anda benar, gue guru... anggaplah gue guru abal-abal karena hari ini gue mau ngomel-ngomel sama angin...
Lo tau tugas gue ngapain ? Ngajar lah... ngajarin murid...ratusan murid..
Sebagai guru di pinggiran Jakarta, gue terbiasa ngajarin murid-murid yang membawa buku paket ke sekolah (untuk kasus buku  ini, gue selalu kalah sama guru-guru yang punya kemampuan ngajar walau anak2nya ngga bawa buku).

Sebagai guru di sekolah yang menerima dana BOS, saat ini gue lagi galau... galau parah... lo tau kenapa? karena buku dari pemerintah belom nyampe ke sekolah gue... serius, gue beneran serius...
Gue sebenernya sangat berterima kasih ke sekolah tempat gue ngajar, kenapa? karena sebenernya gue bisa meng-copy apa pun untuk keperluan ngajar... tapi, jauhhhhh di lubuk hati gue... gue sedih bingittttt... kenapa?... begini ceritanya...



Gue termasuk orang yang pelit soal kertas. Gue sadar kalo manusia ga mungkin hidup tanpa kertas, minimal kertas duit kan selalu gue tunggu2 wkwkwk... tapi, gue lebih sadar kalo manusia itu harus hemat sama kertas, karena kertas itu dari pohon, dan pohon itu makin berkurang...

Buat orang yang pernah jadi murid gue, pasti sadar tentang ini... bagaimana pelitnya gue soal kertas... gue menciptakan banyak metode-metode tak ilmiah, gaya-gaya melanggar hukum gravitasi, resep-resep tak higienis demi meminimalkan penggunaan kertas...beruntunglah orang yang ngga pernah ngerasain penderitaaan yang dialamin murid gue kayak gini :

  • mereka bakal ditatap dengan  mata bulat sempurna kalo ketahuan buang kertas yang masih bisa dipake buat coret-coretan.
  • mereka bakal dilirik dengan sinis kalo latihan pake pulpen, prinsipnya, pake pensil !!! kalo salah bisa dihapus
  • mreka bakal diceramahin kalo berhitung ngga efisien... 12.000 : 1000 kudu dicoret-coret nak?????
  • mreka kudu ngerjain ulangan kecil-kecilan di kertas ukuran A4 yang dibagi 4...
  • dan masih banyak aturan lainnya..
Nah, sekarang, lo bayangin gmn perasaan gue... gue yang selama ini pelit kertas, terpaksa boros kertas karena buku yang dinanti-nanti itu... Lo bayangin ya... murid yang gue ajar 125 orang.. tiap pertemuan, gue kasih PS dan PR... berhubung bukunya blom nongol, gue copy-in lah soal2 buat mereka...udah gue hitung-hitung pake otak+kalkulator+perasaan, gue udah ngabisin 3 rim kertas sejak bulan Juli...omaygat...

Selain kegalauan tentang kertas itu... gue masih punya kegalauan lain, mulai dari lelah nyiapin soalnya, lelah nyiapin RPP, lelah nyiapin power point (karena kalo math ngajarnya ngoceh doank, bisa2 gue dikira lagi ngedongeng kan),lelah bikin format penilaian, lelah pokoknya... Tapi kalo kelelahan kan bisa diatasi dengan tidur toh, tapi kalo rasa bersalah sama hutan ??????

Ya Tuhan, kiranya Engkau membaca blog gue ini... tolong sampaikan maafku  pada ciptaanMu yang lain... terutama mereka yang ada di hutan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar