Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Selasa, 02 Juli 2013

Liburan Kenaikan Kelas 2013 : Kota Makale

Setelah dari Kota Rantepao, kami bergerak menuju Kota Makale, Tana Toraja..
Kota Makale dari gereja Bukit Sion
Ketika tiba di kota ini, saya merasa sangat beruntung. Ternyata, sedang ada upacara pemakaman orang Toraja. Karena upacara ini jarang diadakan, maka saya tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.
Upacara yang akan kami saksikan terletak di daerah Burake. Butuh naik ojek sekitar 10 menit untuk sampai kesana, hanya 10.000 rupiah saja.
Ketika tiba di Burake, saya begitu terpesona. Upacara itu sangat megah. Puluhan hewan ternak disiapkan untuk perhelatan akbar itu. Belasan grup tari pun bersiap untuk memeriahkan acara. Tampaknya ada seribu orang yang hadir..



Ketika menyaksikan kemeriahan itu, saya sempat bertanya "untuk apa ini semua ? bukankah biayanya pasti besar ?". Seorang bapak bersedia menjelaskan. Menurutnya, upacara ini merupakan ungkapan cinta dan hormat pada orang tua. Tidak perlu hitung-menghitung untung-rugi, cukup meyakinkan diri bahwa orang tua kita pasti senang menerimanya, maka semua akan berjalan lancar.
Selama upacara itu juga, saya begitu terpesona dengan pakaian-pakaian yang digunakan. Ditambah aksesoris yang memanjakan mata, semua tampak begitu indah. Menambah kesempurnaan wajah-wajah mereka yang cantik dan tampan ...

Bagi orang yang ingin berwisata ke Kota Toraja, akan menyenangkan untuk menyaksikan upacara semacam ini. Maka, jika punya teman di daerah Toraja, bertanyalah tentang tanggal-tanggal dimana upacara ini dilangsungkan, siapa tahu waktu liburan anda bisa dicocokkan dengan tanggal tersebut :)
senang melihat upacara ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar