Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Rabu, 31 Juli 2013

Bilangan Berpangkat

Pernah ngobrol dengan seorang teman, tentang muridnya yang males belajar materi tertentu. Dianggap tidak terlalu berguna, maka ngga perlu capek-capek belajar materi tersebut. Dari pengalaman itu, saya selalu berusaha memberi alasan ke murid-murid saya, mengapa materi baru perlu mereka pelajari. Untuk kali ini, saya ceritakan tentang kejadian di kelas baru-baru ini ...
Saya harus mengajarkan materi "sifat-sifat bilangan berpangkat". Tujuannya adalah supaya mereka menggunakan sifat-sifat tertentu untuk berhitung. Saya memilih langkah awal dengan memberi tes kecil. Memberi beberapa soal hitungan yang harus mereka kerjakan ..
Misalkan, materi yang akan saya sampaikan adalah :
Bisa diawali dengan memberi 5 soal pembuka berikut :
Ketika anak-anak mulai gaduh... barulah saya "datang" dengan menggunakan cara yang lebih mudah, yakni menggunakan sifat-sifat yang berlaku pada bilangan berpangkat ...
Itu dulu cerita saya tentang kejadian dikelas. Yang penting, harus tetap diingat bahwa sama seperti orang dewasa, anak-anak pun akan malas mempelajari sesuatu yang tampaknya tidak berguna bagi mereka :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar