Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Rabu, 22 Mei 2013

Waktunya Evaluasi


Hampir setahun !!!!
Hari ini adalah pertemuan terakhir saya mengajar math untuk angkatan 25 selama mereka kelas VII. Seperti tradisi biasanya, saya selalu membagikan form evaluasi... Yang perlu dievaluasi adalah proses pembelajarannya dan sayanya sebagai fasilitator mereka...
Evaluasi proses pembelajaran, sangat saya perlukan untuk memperbaiki sistem mengajar di tahun mendatang. Misalnya, kalau memang materi aljabar adalah materi yang paling susah, ya nantinya saya akan memberi perhatian khusus untuk bab itu untuk angkatan selanjutnya. Sistem penilaian juga penting... jangan-jangan ada jenis penilaian yang bener-bener menyusahkan siswa... kalau udah gini kan, bisa repot... perlu diperbaiki tentunya ...
Evaluasi untuk saya pun begitu... saya perlukan untuk memperbaiki diri. Namanya juga manusia, tugasnya ya belajar. Kata orang bijak, kalau manusia udah berhenti belajar, mati aja... gak usah menuh-menuhin bumi hehehe...
Ada 5 pertanyaan yang saya ajukan, yaitu : kejadian paling menyenangkan, kejadian paling menyebalkan, kelebihan, kekurangan, dan saran. Berusaha tetap imbang tanpa mengurangi tujuan awal, yaitu introspeksi !!!!
Ternyata, masih kayak tahun sebelumnya, mereka paling senang kalau saya ngajar sambil ngelawak... hellowwwww.... saya ini guru, bukan pelawak !!!! Kelebihan saya pun masih seputar hal itu, yaitu saya bisa membuat kelas lebih hidup, yaiyalah... isinya makhluk hidup, ya jelas aja kelasnya hidup... piye toh nak ???? ... But, lupakan hal positif itu, sekarang bagian seriusnya... yakni hal "negatif" ...


Ternyata, tahun ini murid saya paling gak suka kalau saya ngajar sambil marah-marah ( ada 23 anak, dari 142 anak yang nulis ini)... yang artinya, selama ini saya sering marah-marah kan ???? astaga,,,, guru macam apa saya ini ? ngajar woyy, jangan marah mulu !.. Saya ingat, tahun-tahun awal saya ngajar, evaluasi dari murid-murid saya adalah sifat pelupa saya. Lupa bawa spidol, lupa bawa kotak pensil, lupa pake sepatu, lupa jepit poni, lupa bawa absen, dll... untuk ngatasin itu, seingat saya, dulu saya sampai terapi lho... terapi untuk ngatasin kelupaan-kelupaan kayak gitu...
Nah, kalau sekarang saya sering marah-marah... berarti saya kudu melakukan sesuatu untuk ngatasin itu..hmm... nantilah, saya konsultasikan dengan teman saya yang ahli psikologi..okeh ???? okeh !!!...

Ada juga yang kasih masukan kalau saya terlalu disiplin... datengnya terlalu on time, PR diinget mulu, pelanggaran dicatat di buku dosa, ga bawa penghapus disuruh lapor, nulis harus pake pensil, ga boleh boros kertas, sering razia kaos kaki. Oalah nak... itu mah emang kerjaan saya kaleeeeee... salah satu tempat dimana kamu dilatih disiplinnya, ya di sekolah... nah, eike kan kerja disekolah, tugasnya itu lah...

Saran untuk saya pun bejibun, mulai dari umum, misalnya supaya saya mengajar lebih detail.. sampai yang ga umum. Nah, yang unik-unik ini nih yang bikin saya ngakak-ngakak pas bacanya. Yang saya inget : supaya saya marah ngga kayak Arya Wiguna, supaya saya lepas bahel, supaya saya pake selotip anti sipit, supaya saya ngajar bahasa Mandarin, supaya saya ketawa saya ngga kayak nenek lampir, supaya saya ikut stand up comedy 4, supaya mata saya dilengkapi laser, dll... masih banyak...

Oiya, diantara ratusan kertas itu.. saya membaca satu kertas yang isinya begini "saya seneng liat bu sarma marah. kl marah pasti ada alasannya. kl sekarang marah, besoknya udah ngga. saya terharu waktu bu sarma minta maaf sama saya"
Hmm... iya ,,, itu prinsip saya. Kalau saya marah karna seorang murid buat ribut dikelas, berarti dikelas itu lah saya marah. Di tempat lain dan di lain waktu, itu cerita lain. Saya juga masih berprinsip bahwa "ketika kamu tau kalau kamu menyakiti orang lain, tidak perlu banyak argumen, minta maaf lah". Saya pernah minta maaf ke anak itu, krn temennya cerita kalau dia nangis setelah pelajaran saya..dia nangis karena saya marahi. menangis = sakit hati.. maka, tanpa banyak argumen, saya minta maaf. Masalah nantinya saya dan dia ngobrol ttg kejadian itu, itu urusan nantinya, yang jelas "forgiveness is a medicene for heart broken and it starts with an apology" :) ...

Buat kalian yang selama 10 bulan ini menjadi partner belajar saya... senang bisa belajar dan bermain bersama kalian.. senang, bisa menambah 145 anak di daftar murid-murid saya :) ... sukses !!!!! *gaya pak Pur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar