Wajib Baca

Mengenai Saya

Foto saya
Weblog ini asli diisi oleh Sarma Manurung

Rabu, 17 Oktober 2012

Karena kita di Indonesia

Ada yang sedang muncul dalam pikiran saya ...

Siang tadi saya ngobrol dengan seorang anak ... beginilah penggalan obrolan kami ..
Siswa : Bu Sarma orang apa ?
Bu Sarma : Indonesia..
Siswa : Maksud saya, kota kelahirannya dimana ?
Bu Sarma : ngga di kota... saya orang desa... namanya desa Sirungkungon, itu letaknya di tepi danau Toba ..
Siswa : bu Sarma orang Batak ?
Bu Sarma : iya lah ... nama belakang saya aja Manurung ...
Siswa : emang kenapa kalau Manurung ?
Bu Sarma : itu kan marga orang Batak ... liat nih muka saya...*sambil menunjuk tonjolan di pipi
Siswa : *melihat dengan seksama* ...muka ibu kenapa ? jerawatan ?
Bu Sarma : ooohhh... hmmm... sini saya ceritain tentang Indonesia ...



Saya mulai mengajak anak itu melihat teman-temannya yang lewat di meja piket tempat kami ngobrol. Saya ungkapkan hal-hal kecil yang tampaknya belum pernah disadarinya ...
"tuh, dia kan nama belakangnya Aritonang... walaupun kelahiran Jakarta, pasti leluhurnya tuh orang Batak... tuh, dia kan kulitnya gelap kayak saya tapi bentuk mukanya beda banget kan? kemungkinan besar, leluhurnya dia tuh orang Jawa. nah, yang itu tuh nama belakangnya Rampengan, itu tuh marga orang Menado ..." begitu kira-kira saya berceloteh...

Disekolah tempat saya mengajar, memang kalau dilihat dari penampakan fisik dan nama dibelakang nama tampaknya tiga etnis terbesar adalah tionghoa (cina), batak dan jawa ... Namun, yang menarik bagi saya adalah kenyataan bahwa mereka sama sekali tidak mempedulikan itu. Seperti yang dialami siswa yang ngobrol dengan saya tadi. Mungkin di rumah masing-masing mereka diajari budaya dan tradisi sesuai etnis mereka, tapi begitu di sekolah, semua dilupakan... Mereka cenderung terpisah berdasarkan hobi, ekskul yang diikuti, asal sekolah dasarnya, dan sayangnya kemampuan ekonomi :( ...

Mereka pun tidak pernah membahas agama orang lain. Sesekali celetukan muncul, tapi berlaku untuk setiap agama... Satu dua kali bertanya tentang teman mereka yang pergi ijin untuk sholat jumat, tapi setelah itu tidak lagi peduli ... biarkan saja. Satu dua kali juga bertanya tentang ritual doa-doa Katolik yang ada di sekolah, tapi setelah itu tidak lagi peduli ... biarkan saja.
Seorang siswi bermata sipit bisa naksir habis-habisan seorang siswa berkulit coklat dan bernama belakang jawa ... terjadi begitu saja ... dan dia bangga dengan lelaki pujaan hatinya itu ...

Melihat pemandangan seperti itu hampir setiap hari, selalu membuat saya senyum-senyum. Berharap pada suatu ketika situasi seperti itu bisa meluas dan berlangsung lama. Meluas sampai ke lingkungan di rumah, berlangsung lama sampai mereka tua ...

Kembali ke meja piket. Setelah kami ngobrol sekitar sepuluh menit... anak itu tampak bingung melihat saya ..
Siswa : koq bu Sarma bisa tau ?
Bu Sarma : kan saya sering liat, trus saya tanya-tanya ... sering denger cerita juga ...
Siswa : trus, kalau udah tau kenapa ?
Bu Sarma : saya bakal makin cinta sama Indonesia ..
Siswa : ???? *jidat mengkerut ...
Bu Sarma : jangan pilih-pilih temen, karna orang baik bisa dari medan, semarang, menado dll... orang jahat bisa dari mana aja, orang baik juga bisa dari mana aja... yang penting kamu jadi orang baik, sampai kamu tua orang lain gak akan peduli apa agama kamu, kamu lahir dimana, dll ...kamu harus tetap berpikir jernih kayak sekarang ... sampai tua ... jangan mau dengerin orang yang suka beda-bedain manusia ...

Bel jam istirahat, menghentikan obrolan ringan kami ... obrolan ringan yang ternyata kembali muncul di otak saya ketika hendak tidur malam ini ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar